>Brocade’s Platoon karya Titarubi

>

Brocade’s Platoon adalah seni instalasi karya perupa Titarubi yang dipamerkan dalam ajang Biennale Yogya 2007 dengan tema Neo-Nation (28 Desember 2007 – 28 Januari 2008). Karya ini dipasang di Gedung Sasana Ajiyasa, Jogja National Museum.

Karya ini mencoba untuk melakukan kritik terhadap perilaku militerisme yang kental dengan kekerasan yang secara tidak sadar banyak dianut masyarakat kita. Hanya karena persoalan kecil saja, itu sudah cukup bagi masyarakat untuk mengamuk dan menebarkan aksi kekerasan.

Dalam imajinasinya, Titarubi menggambarkan dalam bentuk 30 figur tentara (terbuat dari manekin seukuran manusia) yang ditelanjangi dan hanya dibungkus dengan kain brokat. Figur tentara ini dipasang dalam formasi berbaris, sesuatu yang menjadi ciri khas personil militer. Saat menyaksikan karya ini, ada seorang seniman yang tiba-tiba meniup terompet. Suasana militeristik menjadi kian menggumpal.

Mungkin dengan penelanjangan itu, Titarubi hendak mengatakan mereka kaum militer dalam kondisi telanjang, tanpa pangkat dan senjata apapun, mereka adalah manusia biasa. Di malam hari, karya ini makin terasa indah karena ada sinar lampu yang memancar dari masing-masing manekin tentara yang tidak berwajah dan bersepatu lars. (Bambang MBK)

This entry was posted in Seni. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s