>Tradisi Cing-cing Goling di Gedangrejo

>

Masyarakat Desa Gedangrejo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul mempunyai satu upacara tradisi bernama Cing-cing Goling. setiap tahun mereka mengadakan upacara ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap keberhasilan panen sekaligus mengingat kembali akan jasa pendiri desa yang bernama Ki Tropoyo dan Nyi Tropoyo.

Menarik untuk menyaksikan tradisi ini karena masyarakat membuat ratusan ingkung yang dikemas dalam sebuah ‘tas’ yang terbuat dari janur atau daun kelapa. Setelah upacara selesai, masyarakat yang datang makan bersama.

Dalam upacara ini, diperlihatkan pula sekelumit sejarah perjalanan Ki dan Nyi Tropoyo. Masyarakat yang datang juga memberikan sesaji (antara lain menyan dan tembakau) yang kemudian dibakar oleh seorang ‘dukun’ atau mungkin sesepuh desa. Konon mereka yang memberikan sesaji ini adalah wujud dari ungkapan syukur karena cita-cita atau keinginannya sudah terkabul.

Dalam upacara Cing-Cing Goling, sesepuh desa atau ‘dukun’ mungkin adalah orang yang paling berbahagia karena dalam kesempatan itu ia mendapat banyak uang dari masyarakat. Ini adalah ungkapan terima kasih karena melalui perantaraan dia, masyarakat berhasil ‘menyambung komunikasi’ dengan sang Maha Kuasa, memohon agar terkabul cita-citanya. Foto dan teks: Bambang MBK)
This entry was posted in Budaya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s