>Menyaksikan Lutung Jawa di Gunung Merapi.

>

Ketika Gunung Merapi sedang aktif dan kawasan Wisata Kaliurang ditutup, banyak satwa penghuni lereng gunung ini yang ‘berani’ turun hingga ke Tlogo Putri yang terletak di kaki Gunung Merapi. Salah satunya adalah satwa primata langka, lutung jawa (Trachypithecus auratus).
Ketika Gunung Merapi aktif pada sekitar Mei 2006 lalu, primata endemik Pulau Jawa ini berani turun dan bermain-main di kawasan wisata Tlogo Putri. Bahkan ia tidak lari saat didekati dalam jarak sekira 10 meter.
Lutung jawa adalah salah satu primata yang dilindungi. Populasi spesies ini terus menurun seiring dengan rusaknya habitat hutan di Pulau Jawa. Selain itu, kelakuan para pemburu yang menangkap dan menjualnya di pasar hewan semakin menempatkan posisi primata ini dalam situasi yang tidak menguntungkan.
Kawasan lereng Gunung Merapi di bagian selatan adalah salah satu rumah bagi kawanan lutung jawa. Jika sedang mendaki gunung ini, kita dapat melihat kawanan lutung sering bergerombol di tajuk-tajuk pepohonan. Demi kelestariannya di alam, masyarakat sebaiknya tidak memburu atau membeli jenis primata ini di pasar hewan.
Jika ingin menyaksikan primata ini, cukuplah datang atau mendaki lereng selatan Gunung Merapi. Kawanan ini lebih indah disaksikan jika hidup di habitat alamnya dari pada terkurung di kandang yang pasti menyiksa hidupnya. (Foto dan teks: Bambang MBK)
This entry was posted in lingkungan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s