>AJI Yogyakarta Bergabung dengan AMUK Yogyakarta

>
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta bergabung dengan Aliansi Masyarakat untuk KPK (AMUK) Yogyakarta untuk melawan proses kriminalisasi yang dilakukan Polri terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). AMUK Yogyakarta adalah sebuah koalisi cair yang sengaja dibentuk untuk melakukan tekanan (pressure group) agar pemerintah yang berkuasa segera menghentikan proses kriminalisasi terhadap KPK.

AJI Yogyakarta secara institusi memutuskan terlibat dalam AMUK Yogyakarta karena melihat situasi sudah sangat mengkhawatirkan. Sendi-sendi keadilan, utamanya proses pemberantasan korupsi terancam sebab ada usaha-usaha untuk mengkerdilkan peran dan fungsi KPK yang sejak pemebentukannya sudah melakukan pemberantasan korupsi secara serius.

Elain itu, jurnalis sudah selayaknya ikut aktif memperjuangkan keadilan dan kebenaran. UU No.40/1999 tentang Pers, pasal 6 mengatakan pers nasional melaksanakan peranannya, antara lain untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Hal ini pula yang menjadi dasar bagi AJI Yogyakarta untuk bergabung dalam AMUK Yogyakarta.

Dalam aksinya, AMUK Yogyakarta sudah turun ke jalan sebanyak dua kali. Pertama pada 5 Nopember 2009 dan kedua pada 10 Nopember 2009. (foto dan teks: bambang muryanto)

This entry was posted in Kegiatan AJI Yogyakarta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s