>Pito dan Masjidi, Pimpin AJI Yogyakarta Periode 2010 -2013

>

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta mengadakan konferensi AJI Kota (Konferta) ke V di gedung Prodi Komunikasi UII, Lt 3, Jln Kaliurang Km 14, Sleman, Yogyakarta. Konferta ini secara aklamasi berhasil memilih Pito Agustine Rudiana (Koran Tempo) sebagai ketua dan Masjidi (Majalah Suara Hidayatullah) sebagai sekretaris untuk periode kepengurusan 2010 -2013).

Selain memilih pengurus baru, konferta ini juga membahas program kerja AJI Yogyakarta, 3 tahun mendatang. Ada beberapa poin, tetapi yang paling penting adalah menambah jumlah anggota, kampanye pembentukan serikat pekerja pers, upah layak jurnalis, meningkatkan ketrampilan para jurnalis dan membuat sekolah menulis.

Dalam kesempatan ini, AJI Yogyakarta dalam resolusinya menyerukan agar perusahaan media massa memberikan upah layak kepada jurnalis, minimal Rp 2,7 juta per bulan, mendesak media massa untuk menjaga independensinya dalam menghadapi musim Pilkada, dan menghilangkan pasal-pasal dalam berbagai peraturan yang berpotensi menjerat kebebasan pers.

Konferta ini dihadiri sekira 20 anggota dari 40 anggota AJI Yogyakarta. Ikut hadir pula, Ketua AJI Indonesia, Nezar Patria. Ajang ini juga menjadi reuni antara anggota ‘tua’ dan anggota ‘muda’. Konferta meski serius tetap berlangsung dengan penuh canda dan tawa. (foto dan teks : bambang muryanto)

This entry was posted in Kegiatan AJI Yogyakarta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s